Sabtu, 15 Agustus 2015

Cara Merawat Panci Stainless Tetap Mengkilap

panci merupakan salah satu alat masak yang sering digunakan selaiin wajan, pertama kali kita membeli panci pasti sangatlah mengkilap, namun berjalanya waktu pemakaian, pasti akan timbul beberapa noda dan gosong akibat sering terkena panas api kompor,  itu salah satu dari hal yang bisa membuat panci di dapur semakin kusam.

Untuk merawat peralatan seperti panci yang berbahan stainless tergolong dalam gampang-gampang susah, sebab meskipun terbuat dari bahan antikarat, minyak yang anda gunakan saat memasak bisa membuat panci stainless anda lengket dan menyerap banyak kotoran, akibatnya bisa menjadi cepat rusak.




 gambar diambil dari www.peralatanrumah.com

Berikut cara-cara melakukan perawatan tersebut:

  1. Pertama kali . cuci terlebih dahulu dengan air hangat dan dicampur dengan sedikit sabun dan air jeruk nipis, untuk menghilangkan kotoran-kotoran darii pabrik.
  2. Untuk menjagga tetap mengkilat, bisa dilap dengan kain lap setelah bersih dicuci, lebih baik lagi jika di jemur dibawah sinar matahari, yang berfungsi membunuh bakteri dan kuman yang melekat pada peralatan stainless.
  3. Untuk menghindari noda hitam akibat panas api selama memasak, oles bagian tersebut dengan cuka ataupun air jeruk lemon agar noda tidak mudah menempel.
  4. Jangan biarkan peralatan stainless ini seperti panci kering karena angina, sebab kombinasi air dan udara bisa menyebabkan karat.
  5. Agar tidak meninggalkan goresan, saat mencuci perabotan,gunakan sikat berbulu lembut dan air sabun untuk menghilangkan noda

Semoga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar