Sabtu, 28 Desember 2013

Membersihkan kompor gas secara rutin ^_^



Kompor gas sekarang sudah menjadi alat dapur yang utama , sebelumnya kompor minyak yang menjadi alat dapur utama, tapi saat ini semenjak pemerintah merancangkan program konpersi minyak tanah ke GAS ELPIJI .. saat ini hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan kompor gas,  tapi hanya sedikit sekali orang-orang yang mengerti untuk cara membersihkan kompor tersebut, bahkan ada yang sepengetahuannya saja, yang malah membuat kompor gas tersebut jadi rusak ..

Membersihkan secara rutin bagian-bagian penting kompor selain pada body kompor gas, yaitu:

  • Membersihkan  bagian pada tempat keluarnya api (burner dan kuningan). Hilangkan kotoran yang menyumbat lubang-lubang kecil dengan menggunakan sikat gigi atau kawat agar pijar api merata secara melingkar dan berwarna biru sehingga memberikan panas yang optimal dan menghemat bahan bakar gas. Untuk mengetahui kompor yang kotor dan tersumbat, dapat dilihat timbulnya sedikit asap serta pijar api berwarna merah.
  • Membersihkan  juga bagian badan kompor lainnya untuk menghindari terjadinya kerak dan bau amis. Gunakan kain basah dan sabun lalu keringkan dengan lap. Pada kompor yang memiliki panggangan, gunakan spon dan air sabun agar tidak merusak lapisan teflon. Biasakan juga membersihkan dudukan plat bagian atas setiap selesai memasak dengan menggunakan lap basah. Beberapa masakan yang mengandung santan agar dibersihkan segera karena dapat menimbulkan korosi pada bodi kompor gas.



  • Menggunakan  sikat plastik untuk bagian yang bergerigi agar mudah dijangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar