Senin, 29 Oktober 2012

Sodet Yang Bagus Untuk Kesehatan

Apa yang terbayang dalam benak Anda bila mendengar kata 'sodet?'
Ya, tentu saja sajian masakan yang menggugah selera kita dan menggoyang lidah kita.

Siapa sih, yang tak kenal sodet. Secara sederhana berarti alat masak seperti sendok besar yang digunakan untuk menggoreng.
Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti sendok ceper besar yg terbuat dr seng dsb untuk mengaduk sesuatu
yg sedang digoreng; menoreh atau merobek dng benda tajam atau runcing; membuat terusan untuk mengalirkan air ke saluran lain.
Tentu yang kita maksud di sini adalah alat masak untuk menggoreng, sehingga menghasilkan aneka masakan yang lezat.

Sodet mempunyai 2 macam , Teflon dan stainless:



Teflon adalah polytetrafluoroethylene, (PTFE).  Struktur molekul teflon adalah berupa rantai atom karbon yang panjang, mirip dengan polimer lainnya. Rantai atom yang panjang ini dikelilingi oleh atom fluor. Ikatan antara atom karbon dengan fluor sangat kuat.Struktur teflon (PTFE)

Teflon memiliki sifat – sifat yang unik, berikut diantaranya:

Tahan terhadap banyak bahan kimia, termasuk ozone, chlorine, acetic acid, ammonia, sulfuric acid, dan hydrochloric acid. Satu –satunya bahan kimia yang bisa merusak lapisan teflon adalah lelehan logam alkali,

Anti radiasi Ultra Violet dan tahan segala cuaca dan Anti lengket.
Mempunyai performa yang baik pada temperatur ekstrim, tahan pada temperatur  -240°C sampai pada 260 °C. Teflom memiliki titik leleh 342°C. Bersifat hidrofobik (tidak suka air).

Hampir selama 65 tahun juga manusia di seluruh dunia dibohongi mengenai efek negatif dari penggunaan teflon dalam melapisi alat untuk memasak makanan.

PFOA, atau amonium perfluorooctanoic acid, merupakan zat kimia utama dalam pembuatan teflon sebagai pelapis dalam alat memasak.
DuPont sebagai pencipta teflon mengatakan bahwa lebih dari 50 tahun penggunaan teflon, tidak ada bukti bahwa teflon berbahaya bagi kesehatan makhuk hidup.


Sedangkan dengan stainless .






Sodet Penyaring Stainless Steel  merupakan  peralatan dapur stainless steel yang dapat membantu Anda dalam mengolah dan memasak serta meniriskan minyak ataupun air dari berbagai macam makanan. Produk ini juga dilengkapi dengan gantungannya yang juga terbuat dari stainless steel sehingga akan memudahkan Anda dalam penempatan peralatan dapur tersebut dengan memasangnya di dinding.

Berbahan Stainless Steel yang Kuat
Bahan stainless steel atau dikenal dengan baja tahan karat adalah bahan yang termasuk kuat dan keunggulan dari bahan ini adalah anti karatnya yang tahan lama. Jadi Anda sangat dipermudah dalam penempatan peralatan dapur ini dengan memasangnya di dinding.

Stainless steel dapat bertahan dari serangan karat berkat interaksi bahan-bahan campurannya dengan alam. Stainless steel terdiri dari besi, krom, mangan, silikon, karbon dan seringkali nikel and molibdenum dalam jumlah yang cukup banyak.

Elemen-elemen ini bereaksi dengan oksigen yang ada di air dan udara membentuk sebuah lapisan yang sangat tipis dan stabil yang mengandung produk dari proses karat/korosi yaitu metal oksida dan hidroksida. Krom, bereaksi dengan oksigen, memegang peranan penting dalam pembentukan lapisan korosi ini. Pada kenyataannya, semua stainless steel mengandung paling sedikit 10% krom.

Keberadaan lapisan korosi yang tipis ini mencegah proses korosi berikutnya dengan berlaku sebagai tembok yang menghalangi oksigen dan air bersentuhan dengan permukaan logam. Hanya beberapa lapisan atom saja cukup untuk mengurangi kecepatan proses karat selambat mungkin karena lapisan korosi tersebut terbentuk dengan sangat rapat. Lapisan korosi ini lebih tipis dari panjang gelombang cahaya sehingga tidak mungkin untuk melihatnya tanpa bantuan instrumen moderen.

Besi biasa, berbeda dengan stainless steel, permukaannya tidak dilindungi apapun sehingga mudah bereaksi dengan oksigen dan membentuk lapisan Fe2O3 atau hidroksida yang terus menerus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Lapisan korosi ini makin lama makin menebal dan kita kenal sebagai ‘karat’.

Stainless steel, dapat bertahan ‘stainless’ atau ‘tidak bernoda’ justru karena dilindungi oleh lapisan karat dalam skala atomik. (SI)

Buat sahabat blogger saya punya informasi tentang dimana kalian bisa mendapatkan sodet-sodet yang berkualitas seperti di atas ..
kalian bisa berkunjung aja ke alamat ini .. www.oden-houseware.com

kalian ga akan nyesel sahabat blogger ..

semoga bermanfaat yahh .. :)































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar