Kamis, 20 Agustus 2015

Perhatikan Kebersihan Dispenser di Rumah



Hampir semua orang memiliki sebuah dispenser didalam rumah, kantor dsb, dikarenakan memang memberikan kemudahan. Dan bisa membeli air kemasan gallon tanpa harus memasak lagi. Tapi banyak yang melupakan akan kebersihan dari dispenser tersebut, ada banyak juga yang cuek akan hal tersebut, padahal tanpa kita sadari banyak bakteri yang berkembang biak di dalam dispenser yang kita miliki.

Air yang sehat untuk dikonsumsi adalah :

                Secara Fisik                        : Airnya Jernih ( bening ) , nggak berbau, dan nggak berasa
                Dari Aspek Kimia              : Airnya punya PH yang netral
                Dari Aspek Mikrobiologi : Nggak Mengandung mikroba penyebab penyakit.

Dari segi kualitas, air mineral dengan merk terkenal memang belum tentu baik bagi kesehatan, air mineral dengan merk terkenal pun bisa meninggalkan bekas yang terakumulasi seperti itu, apalagi jika air yang digunakan adalah air isi ulang sembarang dari segi kecanggihan proses filtrasi dan kandungan zatnya masih diragukan.

Dari aspek mikrobiologinya, air yang sehat tidak mengandung mikroba penyebab penyakit ( patogen ). Misalnya, bakteri E. coli yang bisa menyebabkan diare dan salmonella typi yang menyebabkan tipus bila air yang kita minum tercemar oleh kedua bakteri tersebut.

Yang terpenting dalam bersih atau tidaknya air adalah bagaimana secara rutin membersihkan dispenser dengan menguras airnya .. coba perhatikan di bawah dispenser anda, ada seperti karet penutup, kalau anda mau membersihkan dispenser itu, anda tinggal melepas karet itu , dan air yang di dalam akan terkuras semua hingga bersih. Anda bisa mulai membersihkannya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

1 komentar: