Senin, 04 Februari 2013

Pastikan Cooler Box Anda Aman

CUACA cerah dan kegembiraan berlibur setelah Lebaran membuat kita bersemangat untuk pergi piknik. Sayangnya, jumlah penyakit yang dibawa makanan juga ikut naik.

Kebanyakan orang akan pergi ke tempat-tempat hiburan, seperti pantai atau taman rekreasi, sambil membawa bekal makanan dan minuman. Tapi lebih dari itu, apakah Anda berpikir tentang keamanan makanan dan minuman yang dalam cooler box Anda?

Jika Anda hendak bepergian dan membawa makanan yang harus didinginkan, seperti daging, ikan, buah atau sayuran, agar tetap segar gunakan pendingin dengan tutup yang rapat terisolasi.  Pastikan cooler box dapat menyimpan makanan pada suhu 40 F (4 C) atau lebih dingin.

Gunakan pendingin yang terpisah untuk makanan dan minuman. Biasanya orang akan lebih sering membuka dan menutup cooler box minuman. Untuk menyimpan makanan pastikan cooler box sedingin mungkin, menjaga cooler box tetap dingin, dan mencegah kontaminasi pada makanan dari udara luar. Maka jangan sampai cooler box yang menyimpan makanan terbuka.

Simpan daging atau ikan di bagian bawah cooler box untuk mencegah terjadinya kebocoran dan risiko tumpah pada bahan makanan lain. Bila perlu, gunakan termometer untuk mengecek suhu dalam cooler box. Jangan mengandalkan warna daging untuk menilai ketika dimasak. Gunakan termometer makanan untuk memeriksa suhu. Berikut suhu minimum aman yang dilansir Mayoclinic:
* 165 F (74 C) untuk semua jenis unggas.
* 160 F (71 C) daging selain unggas.
* 145 F (63 C) bentuk daging sudah terpotong padat, seperti steak, daging atau ikan. (ina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar