Selasa, 19 Maret 2013

Suku arti bahasa "SODET" Seluruh Indonesia



Yang kita tau kata SODET itu biasanya alat yang digunakan untuk memasak, tapi saat saya searching di om google, sodet itu bukan hanya mempunyai arti alat yang digunakan untuk memasak, tapi hamper smua artikel menulis “ ATASI BANJIR, SODET KALI CILIWUNG”, “ ATASI BANJIR DI PONDOK LABU, DKI SODET KALI KRUKUT” .. dan masih banyak lagi deh pokoknya .. 

Saya bingung maksud sodet di kalimat itu apa ?? hubungannya apa ? dan kenapa harus memakai kata “SODET” ? …

Padahal sodet itu yang kita ketahui adalah sendok ceper besar yang terbuat dari seng, stainless atau kayu, terus apa nyambungnya kata “ SODET “ di kalimat atas ???

Akhirnya saya penasaran dan saya membuka kamus bahasa Indonesia saya yang ada di tumpukan lemari buku di kamar, saya cari apa arti dari kata sodet selain untuk memasak ? … dan ternyata saya berhasil dan saya menemukannya, “SODET” itu mempunyai arti yang banyak,  seperti di bawah ini ..


  • “SODET” adalah sendok ceper besar yg terbuat dr seng dsb untuk mengaduk sesuatu yg sedang digoreng
  • “MENYODET “menoreh atau merobek dng benda tajam atau runcing: dia ditangkap ketika sedang -tas seorang perempuan.
  • “SODET” membuat terusan untuk mengalirkan air ke saluran lain

Jadi ternyata dan ternyata kalimat diatas itu benar, tapi saya saja yang kurang mengetahui arti maksud dari kata “ SODET “ ..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar