Rabu, 20 Maret 2013

Talenan Susah di Bersihkan, Lakukan 5 tips ini

PERNAHKAH Anda kesal, talenan kayu yang sudah dibersihkan masih meninggalkan bau? Air dan sabun tak cukup membuatnya bersih, dengan noda yang sulit lepas.

Berikut tips yang akan membantu Anda dalam membersihkan talenan kayu, seperti diulas Foodnetwork:

Segera bilas setelah digunakan

Studi menunjukkan bahwa membilas talenan sebelum dicuci mampu menghilangkan cukup bakteri dibandingkan jika Anda merendamnya di wastafel. Cara ini hanya akan memindahkan kuman ke air tersebut. Pasalnya, talenan kayu memiliki pori hingga mudah menyerap air juga membuatnya gampang retak dan melengkung.

Hilangkan bakteri dengan hidrogen peroksida

Oleskan bleaching atau hidrogen peroksida (bisa dibeli di apotek) berkadar 3 persen pada talenan menggunakan spons bersih. Diamkan selama beberapa menit agar kumannya mati. Selanjutnya, bersihkan dengan spons dan ulangi jika dibutuhkan.

Bersihkan noda dengan garam kasar atau baking soda

Keringkan papan talenan dan taburi dengan garam dan baking soda. Gosok noda menggunakan spons atau kuas yang telah dicelupkan ke dalam air panas dan ulangi jika dibutuhkan.

Hilangkan bau dengan cuka putih

Isi botol dengan cuka putih cair lalu semprotkan ke talenan. Cuka akan menetralisir bau dan bekerja selayaknya disinfektan alami.

Bersihkan dengan pemutih

Sesekali membersihkan talenan secara ekstra merupakan ide baik, terutama setelah digunakan untuk memotong daging, ikan, ataupun unggas. Tambahkan 1 sendok teh pemutih pada 1 liter air lalu siram cairan tersebut pada talenan. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar