Selasa, 07 Januari 2014

12 Trik membersihkan Talenan ^_^



SEHABIS pesta Tahun Baru, saatnya membersihkan peralatan memasak. Salah satunya talenan, yang bila aroma makanan masih melekat, kini ada trik menghilangkannya.

Mari simak beberapa langkah membersihkan talenan sehingga tidak lagi meninggalkan bau usai dicuci, seperti dilansir Wikihow:


  1. Bersihkan seluruh permukaan talenan dengan lap bersih. Namun, sebelum dipakai rendam lap di dalam larutan berisi air panas dan sabun cuci piring.
  2. Isi botol semprot dengan satu sendok teh pemutih serta air, kocok hingga tercampur merata.
  3. Semprotkan ke talenan yang akan dibersihkan, diamkan selama 10 menit.
  4. Bilas talenan dengan air hangat dan lap bersih lainnya. Usai dipakai, baiknya Anda tidak   mempergunakan lap itu lagi.
  5. Bersihkan pula bagian talenan lainnya, bukan hanya di satu sisi.
  6. Ambil jeruk lemon dan potong menjadi dua bagian.
  7. Peras jeruk lemon di atas talenan.
  8. Berikan pula garam kosher atau garam laut di atas perasan jeruk lemon. Garam laut memiliki butiran lebih kasar sehingga mampu mengangkat sisa makanan yang masih menempel di talenan, juga aromanya. Jika tidak ada garam kosher, pakai saja baking soda.
  9. Perasan jeruk lemon tadi jangan dibuang, melainkan gosok-gosok pada permukaan talenan. gunakan gerakan melingkar dan lakukan secara menyeluruh.
  10. Jika sudah, bilas talenan dengan air yang mengalir lalu lap. Keringkan dengan handuk kertas.
  11. Untuk bagian lainnya, putar talenan lalu ulangi proses pembersihan yang sama dengan jeruk lemon dengan garam.
  12. Terakhir, tuang cuka ke dua sisi permukaan talenan yang sudah dibersihkan. Diamkan beberapa menit kemudian bersihkan sampai kering dengan handuk kertas. Cuka merupakan disinfektan yang kuat dan dapat menghapus sisa-sisa bau makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar