Senin, 06 Januari 2014

Penggunaan Sodet yang Salah Kaprah



SALAH kaprah di Indonesia ternyata bukan sebatas pada makanan, juga menyangkut penggunaan alat masak. Salah satu yang biasa ditemui adalah pada alat masak anti lengket.

“Kebanyakan masyarakat Indonesia masih salah kaprah dalam memakai teflon, padahal teflon itu dibuat dengan teknologi canggih,” kata Chef Abdillah, Executive Chef PAD@28, ketika ditemui di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta.

Menurutnya, alat masak antilengket semestinya tidak dipakai berbarengan dengan peralatan memasak berbahan stainless steel, seperti sodet, garpu, sendok, sebagainya, ketika memasak. Pasalnya, bahan tersebut akan merusak lapisan teflon.

“Kalau sudah tergores bahan metal, daya lengket teflon akan berkurang. Pakai sendok kayu, tapi juga tidak boleh asal pakai kalau mau wajan tahan lama,” imbuhnya.
Salah kaprah lainnya adalah pada proses memasak. Chef Abdillah kadang menemukan pemakaian mentega atau minyak goreng yang terlalu banyak saat memasak menggunakan teflon. Menurutnya, pemakaian berlebihan ini dapat merusak lapisan teflon.

“Kalau masak pakai teflon, buat apa pakai mentega atau minyak dalam jumlah banyak? Teflon digunakan hanya untuk menumis. Lapisan teflon, ketika sudah bertemu suhu panas, panas tersebut dengan cepat menyebar sehingga tak perlu pakai minyak atau mentega dalam jumlah banyak,” paparnya.

Terakhir, salah kaprah dalam pemakaian teflon juga ditemukan pada proses pencucian. Dia menegaskan, teflon merupakan peralatan memasak yang sangat sensitif.

“Kalau mencuci teflon, jangan pakai sabun kawat, cukup pakai busa lembut,” tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar