Kamis, 14 Agustus 2014

Pentingnya akan Kebersihan Dispenser


Hidup modern saat ini membuat gaya masyarakat cenderung dinamis dan menginginkan hal yang praktis dalam hal apapun, seperti halnya dengan konsumsi air, masyarakat yang berada di kota besar lebih menginginkan air yang terjamin kebersihannya dengan menggunakan elektronik yang tekhnologinya sudah di bilang canggih yaitu dispenser, selain modern elektronik yang satu ini lebih praktis dengan tersedianya air dingin dan air panas.

Namun sebagian dari mereka tidak menyadari akan kebersihan dari dispenser tersebut, kapan dan apakah harus di bersihkan secara berkala atau tidak sama sekali. Padahal jika dalam jangka panjang dispenser tersebut tidak di bersihkan makan kita akan memberikan ruang untuk bakteri-bakteri dapat berkembang biak.

Secara fisik air yang keluar adalah air yang jernih, tidak berbau dan tidak berasa, tapi bila suatu saat air yang keluar dari dispenser tersebut bau berubah rasa dan warna ( padahal jika di lihat secara fisik tidak ada keanehan dari warna airnya ). Maka anda harus berhati-hati dan khawatir, karena mungkin air yang anda konsumsi sudah terkontaminasi dengan bakteri dan jamur yang bersarang di dispenser anda.

Membersihkan dispenser juga bisa dengan beberapa cara, seperti menggunakan cuka, lemon dsb, disini saya akan membahasnya dengan cuka karna selain mudah di cari, harganya juga terjangkau.
  1. Bersihkan terlebih dahulu bagian luar dispenser menggunakan air dan kain bersih. "Jangan lupa membersihkan bagian atas gallon di masukin dan sekeliling kran air".
  2. Kosongkan air yang ada di dalam dispenser. “ buka karet yang terdapat di bawah dispenser , untuk mengeluarkan air yang berada di dalam tabung, hingga terkuras semua “
  3. Campurkan 2-3 sendok cuka dapur dengan 2 liter air, kemudian masukan air tersebut ke dalam dispenser hingga penuh.
  4. Keluarkan air cuka yang berada di dalam tabung dispenser dengan mengulangi cara dari STEP 2.
  5. Gunakan air yang bersih untuk membilas dispenser “ kalau bisa ulangi secara beberapa kali hingga benar-benar bersih”.
  6. Lap dispenser dengan kain bersih , dan dispenser anda sudah siap dipakai kembali.
Keterangan : knapa menggunakan cuka ? jawabanya karena cuka dapat membunuh 99% bakteri, 82% jamur, dan 80% kuman serta virus yang tersebar didalam rumah.
“ semoga bermanfaat dan selamat mencoba “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar