Jumat, 21 Desember 2012

Cara Membuat Bangku Plastik

Bangku yang terbuat dari plastik tersedia dalam varietas yang berbeda. Selain biaya yang murah dan tahan lama, kursi plastik menjadi barang yang banyak digunakan untuk perabot rumah, rumah makan, dan toko-toko. Karakteristik yang sama membuat bangku plastik menjadi pilihan umum. Selain fleksibilitas dan daya tahan dari plastik membuatnya menjadi bahan pilihan untuk kursi aksen dan kursi kantor.

Metode Pembuatan Bangku Plastik

bangku plastik dibuat dalam beberapa cara, semuanya melibatkan cetakan logam yang diukir ke dalam bentuk yang diinginkan. Salah satu bentuk yang paling populer dari furnitur molding dikenal sebagai molding rotasi, di mana cetakan logam besar disuntikkan dengan bubuk polimer plastik . Hal ini kemudian dipanaskan sampai titik leleh, dan cetakan mekanis berubah tiga-dimensi untuk merata mendistribusikan polimer ke dalam cetakan. Setelah beberapa menit berputar, cetakan mendingin dan rotasi berhenti. Cetakan dibuka dan kursi, baru benar-benar hampa dihapus.
Injection molding merupakan metode pembuatan furniture plastik. Sekali lagi, cetakan logam yang digunakan, tapi kali ini hasilnya tidak plastik berongga tapi padat. Jenis cetakan tidak berputar, tetapi polimer dipanaskan pada tingkat yang telah ditentukan dan suhu. Mereka kemudian dituangkan ke dalam cetakan dan didinginkan. Sebuah jumlah tertentu presisi harus digunakan dengan jenis proses pencetakan karena jika plastik dituangkan terlalu lambat, itu akan terlalu cepat kering. Jika dituangkan terlalu cepat, hasilnya tidak akan menjadi konfigurasi seragam plastik. Jika dilakukan dengan benar, hasilnya adalah bangku plastik tanpa jahitan, dibentuk semua dalam satu potong.

Injection molding juga bisa dilakukan dengan bantuan gas yang ditiup pada kecepatan tinggi di dalam cetakan, mendorong plastik cair dari bagian-bagian tertentu dari cetakan. Hal ini menciptakan saluran dalam bentuk plastik yang membuat kursi yang jauh lebih ringan, sementara pada saat yang sama mempertahankan kekuatannya. Semua aspek lain dari injection molding tetap sama, tapi hasilnya adalah bangku dengan beberapa bagian yang berlubang dan bagian lainnya yang solid. Plastik yang digunakan dalam proses pembuatan kursi biasanya gabungan dari beberapa jenis plastik semua dicampur bersama-sama selama bagian pemanasan dari proses pencetakan. Hal ini membuat kursi jauh lebih kuat daripada mungkin jika hanya satu jenis plastik yang terlibat.

3 komentar:

  1. plastik yang digunakan nama jenisnya apa?

    BalasHapus
  2. saya mau pesan perabot ber bentuk setengah lingkaran dari bentuk mangkok.bisa tidak ya, mohon email ke
    putra55881gmail.com

    BalasHapus