Selasa, 14 Mei 2013

Bahayanya Penggunaan Cooler di pakai berkali-Kali

Kini banyak sekali minuman instan / soft drink di pasaran yang menggunakan cooler plastik. Memang lebih praktis dan higinies, tapi apabila digunakan berulang kali itu yang bahaya.

Di setiap botol plastik, pasti ada tanda segitiga di bawah botol dan ada simbol di tengah segitiga.

Berikut urutan symbol / kode:

1. PET (Polyethylene Terephthalate)
Simbol 1 di tengahnya dan tulisan PETE atau PET (polyethylene terephthalate). Biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih, transparan atau tembus pandang. Botol jenis ini direkomendasikan hanya sekali pakai, misalnya pada botol air mineral. Botol jus dll.
Efek bila digunakan secara terus menerus yaitu:

  •     Dapat menyebabkan kanker
  •     Iritasi kulit
  •     Gangguan pernafasan


2. HDPE (High Density Polyethylene)
Simbol 2 di tengahnya, serta tulisan HDPE (high density polyethylene) di bawah segitiga. Biasa dipakai untuk cooler susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain. HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.

3. V (Polyvinyl Chloride)
Simbol 3 di tengahnya (bisanya berwarna merah), serta tulisan V – V itu berarti PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol.

4. LDPE (Low Density Polyethylene)
Simbol 4 di tengahnya, serta tulisan LDPE – LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic atau dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan

5. PP (Polypropylene)
Simbol 5 di tengahnya, serta tulisan PP – PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik, terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.

6 . PS (Polystyrene)
Tertera logo daur ulang dengan angka 6 di tengahnya, serta tulisan PS – PS (polystyrene) PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain.
Demikian kode/ symbol yang harus diperhatikan, pilih dan teliti terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsi atau memakai suatu produk. Pilih produk yang tepat untuk keamanan kesehatan Anda.

gambar di ambil dari www.oden-houseware.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar