Senin, 06 Mei 2013

Pakai Pompa WC ga ampuh ?? Ini solusinya



Bagi Anda yang mengalami masalah saluran WC mampet, saya mau berbagi cerita dan tips untuk mengatasinya. Dulu dirumah saya pernah mengalami masalah saluran WC mampet hingga berhari-hari tidak kunjung selesai. Awalnya air masih bisa meresap kedalam tapi keliatan kayak terhambat. Selang sehari kemudian, air bahkan tidak mau tidak mau terserap samasekali.  Kemudian aku coba coba buka internet lewat Google untuk cari solusi tentang WC mampet. Banyak artikel menyarankan memberikan garam dapur,  soda api, dan pompa wc. Karena bingung juga, akhirnya aku coba pakai garam dapur.

Aku beli garam kasar sebanyak 3 kg kemudian aku langsung tuang saja ke dalam lubang WC yang masih menggenang airnya. Sekitar 6 jam kemudian, aku liat ternyata WC sudah kering banget. Bahkan tak tertinggal garam dapur sedikitpun. Wah rasanya senang banget waktu itu. Kemudian aku coba mengguyur pakai air. Tapi ternyata air juga masih menggenang tidak mau terserap sama sekali seperti awal semula. Karena masih penasaran aku beli lagi garam dapur 3 kg tapi kali ini tidak langsung aku tuang melainkan aku larutkan dulu dengan air. Dan larutan air itu kemudian aku tuang ke lubang WC. Sekitar 6 jam kemudian, air ternyata masih tetap utuh tidak terserap sedikitpun.

Kemudian aku ke Supermarket dan menemukan produk untuk WC mampet (lupa namanya) bungkusnya biru harga waktu itu 1 bgks sekitar Rp. 3.500,00 tapi ada juga yang botolan dengan merek yang sama. Saya baca ternyata isinya caustic soda (soda api). Kemudian saya membeli 2 bungkus produk tersebut. Sesampainya dirumah, air yang masih dipenampungan WC aku kuras sampai bersih kemudian aku tuang sekaligus 2 bungkus soda api tersebut + air sekitar 500 ml dan sekitar 15 menit langsung aku guyur air dengan kencang memakai bak (sesuai petunjuk penggunaan). Hasilnyapun ternyata masih tetap sama. Gagal

Karena saya yakin WC mampet tersebut bukan karena septitank yang penuh (rumah baru), akhirnya aku ke toko bangunan untuk membeli soda api lagi. Ditoko bangunan menawarkan soda api cair dan padat harganya sama yaitu soda api cair sekitar 1 liter harga Rp. 7.500,00. kemudian aku membeli soda api cair 1 liter dan yang padat 1 bungkus. Sesampainya dirumah aku kuras lagi air yang menggenang, kemudian aku langsung tuang soda api cair dan padat. Reaksinya cukup kuat banget. Hati-hati jangan sampai kena kulit. Tapi hasilnya tetap sama.

Mungkin cara memakai garam dapur dan soda api akan berhasil bila antara lubang wc dengan kotoran yang menyumbat tidak terdapat genangan air sehingga soda api dapat lagsung menghancurkan kotoran. Tapi jika saluran wc tersebut masih terdapat genangan air maka soda api tidak dapat mencapai sasarannya.

Aku dan istri sudah bingung banget dan berencana memakai pompa wc atau memanggil tukang WC untuk membongkarnya. Setelah merenung akhirnya aku menemukan ide yang lumayan unik. Aku menemukan 2 ide yang prinsipnya sebenarnya sama. Berikut ini tips/solusi jitunya :

Tips Pertama :
1. Pastikan wc mampet bukan karena septitank sudah penuh.
2. Perlengkapan : Selang air dan kain yang tidak terpakai (gombal)
3. Kuras air yang masih ada dipenampungan sampai bersih
4. Masukkan selang air kedalam lubang wc sedalam mungkin
5. Sumbat lubang wc yang sudah dimasukin selang dengan kain. Usahakan kain agak banyak dan menutup lubang wc serapat mungkin jangan sampai air meresap keluar.
6. Sambungkan ujung selang yang satunya ke kran air.
7. Lebih efektif dengan 2 orang yang satu menahan kain biar tidak ditembus air (ditekan) dan yang satunya menahan selang air agar tidak lepas dari kran.
8. Buka kran dan tahan terus. Diawal-awal mungkin tekanannya akan terasa. Tahan terus.
9. Coba dengarkan didekat wc kalo terdengar air sudah mengalir berarti anda sudah berhasil.
10. Usahakan kran anda terhubung dengan pompa air langsung karena bila dirumah anda memakai bak penampungan air mungkin tekanannya kurang kuat.
Dengan cara ini saya berhasil mengatasi saluran WC mampet tanpa keluar biaya yang lebih besar. Tetapi ada 1 cara lagi tetapi cara ini belum saya praktekkan karena dengan cara 1 tersebut diatas saya sudah berhasil. Tapi mungkin bila Anda yang mencoba cara 1 tersebut diatas tidak berhasil, coba cara 2 dibawah ini dengan prinsip sama.

Tips Kedua:
1. Pastikan wc mampet bukan karena septitank sudah penuh.
2. Perlengkapan : pompa ban sepeda yah bukan pompa wc hehehe dan kain yang tidak terpakai (gombal) syukur-syukur kalo punya kompressor angin
3. Kuras air yang masih ada dipenampungan sampai bersih
4. Masukkan selang pompa kedalam lubang wc sedalam mungkin
5. Sumbat lubang wc yang sudah dimasukin selang dengan kain. Usahakan kain agak banyak dan menutup lubang wc serapat mungkin jangan sampai air/udara meresap keluar.
6. Lebih efektif dengan 2 orang yang satu menahan kain biar tidak ditembus air (ditekan) dan yang satunya memompa.
7. Pompa terus sekuat mungkin. Diawal-awal mungkin terasa berat sekali.
8. Bila tekanan pompa sudah ringan berarti anda sudah berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar