Selasa, 16 April 2013

Mendewikan Sebuah Gilesan

Zaman sekarang semuanya sudah canggih, tekhnologi yang terus meningkat membuat semuanya menjadi simple, di zamannya nenek saya masak aja masih pake tungku, mau mandi harus nimba dulu, mau nyuci pake gilesan, mau ke pasar jalan kaki dan masih banyak lagi .. sekarang semua serba di buat mudah, masak sudah ada kompor gas, mandi sudah ada sanyo. Nyuci sudah ada mesin cuci, ke pasar bisa naik motor atau mobil memang sesuatu yang berbeda ..

Di saat saya sedang berkunjung ke rumah teman saya, saya sempat kaget melihat rumah yang tak jauh dari rumahnya,  disitu saya melihat rumah yang bisa di bilang bagus, taman yang indah, rumah dengan struktur bangunan yang cantik .. tapi di halaman rumahnya tepatnya di sebelah kiri rumahnya aku melihat masih ada sumur tua yang biasa di pakai untuk nimba air, dan 1 tempat yang berisi kayu-kayu, itu untuk memasak ..
Omg rumah sebesar itu masih memiliki itu semua, akhirnya dengan rasa penasaran aku dating dan menemui seorang kakek-kakek yang tengah merapikan tanamannya

“ kek, lagi ngapain ?” serius banget … ( dengan sksdnya aku bertanya )
“ kakek menjawab”, kakek sedang merapikan tanaman ini nak, sudah agak berantakan., nak lagi ngapaiin ? sepertinya kakek baru melihat nak “
( wajar saja jika kakek baru melihat aku, aku pun juga bru melihatnya, karna rasa penasaran saja aku menghampirinya ) .. “ saya lagi main kerumah temen saya ke disana, tapi ga sengaja saya melihat sumur dan kayu itu, saya penasaran, rumah sebagus ini ko masih ada yah kek yang memakai sumur itu ? dan kayunya untuk apa ?
“ kakek pun menjawab”, sumur itu sudah berada disini sejak dulu nak, rumah saya baru di bangun oleh anak saya, tapi saya meminta untuk sebelah kiri agar tiidak di rubah, karna itu semua masih di pakaii “,
Saya pun langsung bertanya kembali “, kek, zaman sekarang knapa masih menggunakan itu ? kan sudah ada sanyo yang kakek bisa pakai kapan saja tanpa harus cape-cape nimba kek “,

Kakek langsung menjawab, nak, memang zaman sekarang semuanya bisa di lakukan tanpa harus cape-cape dan bau-bau asap, tapi sumur dan kayu ini masih bisa berguna, coba kamu fikir nak, jika terjadi gempa atau mati lampu kita pasti susah untuk mendapatkan air bersih, tapi jika sumur ini masih di rawat, semua itu tidak akan terjadi kan nak, kita masih bisa mendapatkannya kan nak ? dan kayu itu nak, masakan yang lebih enak itu jika memasaknya menggunakan tungku, di kamar mandi saya pun masih menggunakan gilesan, mesin cuci yang saya punya hanya untuk mengeringkan baju, tapi untuk menyucinya saya menggunakan gilesan, karna gilesan itu lebih bersih nak .. jadi smua barang itu akan berguna jika kita masih mensyukurinya.

Terdengar ucapan kakek aku diam sejenak dan tertegun dengan kata-katanya, omongan yang kakek ucapkan semuanya benar, jangan kita mendewakan barang-barang yang canggih untuk sekarang, tapi lebih baik kita mendewikan barang-barang lama yang jauh lebih berguna..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar