Jumat, 30 November 2012

Arti Sebenarnya Mangkok Yang Aman dan Sehat

Mangkok adalah alat makan yang berbentuk cekung, di mana makanan diletakkan, terbuat dari porselen, batu, plastik, logam atau gelas . Bentuknya yang lebih cekung dari pada piring menyebabkan mangkuk lebih cocok untuk meletakkan makanan yang berkuah banyak (tidak mudah tumpah).
Kadang-kadang kayu juga digunakan. Ada juga mangkok yang berfungsi sebagai penghias ruangan, biasanya berupa mangkok yang banyak hiasannya atau berbahan logam mulia atau batu mulia. Mangkok juga ada bermacam-macam ukuran. Untuk mangkuk sekali pakai biasanya digunakan bahan dari kertas atau styrofoam.


Dalam setiap peralatan dapur pasti mangkok adalah satu dari yang lainnya wajib untuk kita miliki, karena barang pecah belah ini sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh kita.
contohnya, disaat kita makan mie, mie ayam, bakso, soto pasti kita lebih nyaman apabila tempat atau wadah yang kita gunakan adalah mangkok, selain lebih nyaman dan kemungkinan kecil untuk tumpah pun sedikit karena bentuknya yang cekung.



Tapi harus diingat untuk memilih mangkok yang sehat dan sesuai dengan kadar suhu panas dalam makanan yang kita makan
coba lihat sebuah mangkok diatas yang berwarna merah, mangkok ini terbuat dari bahan melamin, dan mangkok ini tidak bisa digunakan untuk makan makanan yang sangat panas atau mendidih, karena kandungannya tidak bagus.


( gambar diatas saya ambil dari www.oden-houseware.com )


Nah, untuk mangkok yang diatas nie, ini bahannya keramik, atau bahan gelas jadi sangat aman-aman saja untuk digunakan untuk makan makanan yang panas, tapi .. ada tapinya niie, mangkok yang berbentuk seperti ini ada juga yang tidak bisa berada di dua suhu, contohnya ketika kita habis menggunakannya untuk makanan yang sangat dingin terus langsung kita pakai untuk makanan yang sangat panas ataupun sebaliknya, pasti akan pecah mangkoknya, jadi buat kalian di perhatikan lagi yah untuk mangkok kita awet ...

SEMOGA BERMANFAAT ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar