Rabu, 07 November 2012

Mandi Hemat Air Pakai Gayung Aja

Percaya nggak kalau air itu adalah sumber dari segala sesuatu, air adalah kehidupan, menghematnya berarti menyelamatkan masa depan? SAYA PERCAYA

 

Hah! Hemat tapi kok nyuruh mandi pake gayung. Banyak yang beranggapan air akan banyak terbuang dengan percuma jika mandi menggunakan gayung. Kemudian pada menganjurkan
menggunakan shower daripada gayung (Wah kasian dong orang-orang yang kampung dipaksa pakai
shower hehe).
Eits tidak semua anggapan itu benar adanya. Menurut saya semua itu tergantung sikap masing-masing orang dalam memandang air.
Perhatikan sebuah adegan berikut:
Seorang anak muda berumur sekitar 30an tahun sedang menggosok gigi. Ya dia sedang melakukan
 prosesi mandi di sebuah pemandian umum. Tempat pemandian sederhana yang terletak di samping sebuah sumur. Sebuah gambaran umum yang sangat Indonesia banget bukan. Tapi jangan salah, sumur ini keramat, dijaga oleh seorang bapak tua berpeci. Dia yang mempunyai tugas menimba air dari sumur. Sebut saja si juru kunci sumur hehe.

Kembali ke pemuda yang mandi tadi, dia masih asyik melakukan ritualnya, keramas, pake sabun menikmati menggosok badan dengan sabun, dari atas ke bawah. Wah menyenangkan sekali, apalagi ada musik pengiring yang diputar. Prosesi mandi yang syahdu bukan.

Bapak berpeci masih asyik menarik timba sumur. Sesampainya di atas, dia isikan air ke gayung. Yah bakalan boros dong mandi pake gayung. Tunggu dulu, dia hanya menuangkan air itu ke satu gayung di bibir sumur. Si Pemuda menatap Bapak berpeci dengan tajam, musik pengiring yang ceria terhenti, berganti dengan kemuraman karena dia hanya dijatah satu gayung saja. Apa kira-kira yang akan dilakukan pemuda tadi?

Nah tunggu dulu, dia gak protes, dia mengambil gayung air itu dan mulai membilas badannya,
dimulai dari rambut, turun ke muka, badan dan kaki. Bapak penimba air sumur bengong, kaget melihat anak muda itu begitu juga antrian dari bapak-bapak dan ibu-ibu yang mau mandi dibelakangnya. Dia menikmati sekali.

 

Selesai, gayung ditaruh di bibir sumur. Badannya sudah bersih hanya dengan satu gayung air itu aja. Kemudian dia berjalan pulang, melewati antrian orang-orang  yang mau mandi, dengan senyum ceria.

Saya Mengambil Gambar gayung diatas dari www.oden-houseware.com

 SEMOGA BERMANFAAT :)









































Tidak ada komentar:

Posting Komentar