Senin, 05 November 2012

Perawatan dan Perbaikan Toaster


Toaster

 

Pada dasarnya toaster adalah miniature dari oven listrik,toaster multimeter mempunyai sebuah pintu yang biasanya terbuat dari logam,dua atau lebih elemen pemanas yang terletak di atas atau di bawah ruang panggang. Elemen pemanas di kontrol dan di atur oleh tombol pengatur temperatur serta sakelar kontrol, jika pintu oven dibuka secara otomatis oven akan mati. Beberapa toaster  dilengkapi dengan pengatur waktu pemanggangan atau motor yang memutar kedudukan roti terpanggang merata. Sebelum melakukan pemeliharaan terhadap roti, lepas tusuk kontak atau stekker dari sumber listrik.

Cara merawat dan perbaikan Toaster yaitu :

 a. Memeriksa Toaster


Toaster dikatakan baik bila :
  • Pada peralatan ini tidak terdapat hubung singkat rangkaian kelistrikan dengan badannya. Hal ini dapat diperiksa dengan menggunakan AVO meter atau dengan lampu penguji.
  • Pada saat belum bekerja, antara elemen tidak terdapat hubungan, untuk ini ukur dengan AVO-meter pada ujung-ujung kabel  penghubung.
  • Bila tombol ditekan ke bawah, antara elemen akan terhubung dan bila kita ukur dengan AVO meter akan menunjukkan nilai tahanan. (Untuk Toaster kecil ? 300 watt nilai tahanannya ? 150 ohm).
  •  Bila tombol dinaikkan hubungan elemen pemanas terputus dan bila diukur dengan AVO meter akan menunjuk nol.



gambar diatas saya ambil dari www.oden-houseware.com


b. Perbaikan

Pada umumnya kerusakan pada toaster disebabkan oleh :

1. Kotor karena lemak dan sisa pembakaran.
Perbaikannya dengan cara membersihkan bagian-bagian tertentu misalnya : 
  • Pada terminal, yaitu membersihkan kontak dan sambungan, membersihkan kontak-kontak dengan amplas halus dan mengencangkan kembali baut pada sambungan
2. Kesalahan pemakaian, sehingga mengakibatkan :
  • Elemen pemanas putus, untuk mengetahui elemen yang putus dapat diamati secara visual atau diukur dengan AVO-meter. Bila elemen putus diganti dengan yang baru.
  • Perlengkapan mekanik dari pemanggang roti rusak , untuk ini buka sekrup bagian bawah dari rumah toaster tersebut, periksa bagian mekanik pengangkat roti dan pengatur panas/bimetal. Perhatikan pada saat membuka pegas-pegas dan sambungan mekaniknya.
3. Kabel Penghubung.

Kerusakan kabel penghubung ini sering terjadi karena sering tertekuk. Kerusakan dapat dalam bentuk kabelnya putus atau isolasi kabel rusak. Bila masih memungkinkan, pada tempat kerusakan saja dipotong atau diisolasi. Tetapi bila sudah terlalu pendek sebaiknya diganti baru.

1 komentar:

  1. Wah tengkyu yaa artikelnya, bermanfaat dan mudah dipahami. Peralatan panggangan barbeque gitu, dan semua jenis panggangan lain, bahkan toaster sekalipun, agak sulit dirawat dan dibersihkan, apalagi kalau pernah dipake trus gak langsung dibersihin..

    BalasHapus