Sabtu, 17 November 2012

Pispot Training Untuk Anak

Melatih anak untuk buang air pada tempatnya akan jauh lebih baik dari pada membiarkannya terus terbiasa menggunakan diapers. Namun rasanya tidak mungkin jika harus mendudukan anak pada usia balita pada toilet orang dewasa, anak pasti tercemplung karena tubuhnya masih terlalu kecil. Balita usia kurang lebih 18 bulan sudah mulai bisa diajarkan untuk menggunakan pispot

Hampir rata-rata setiap anak pasti akan berontak saat disuruh untuk menggunakan pispot, bahkan beberapanya menganggap pispot tampak seperti lubang yang menakutkan. Coba gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti anak untuk menjelaskan kenapa mereka harus menggunakan pispot, mintalah mereka untuk menyampaikan kepada Anda saat mereka merasa ingin buang air kecil.

Letakkan di setiap lantai rumah dan usahakan pispot berada di tempat yang sama sehingga anak akan mudah menemukannya. Lama kelamaan anak akan penasaran melihat benda yang awalnya ia takuti, kemudian akan mencobanya sendiri.


Untuk anak perempuan akan terasa lebih mudah saat pertama kali belajar menggunakan potty training, dan anak laki-laki jangan langsung dipaksakan buang air dengan cara berdiri namun coba dulu sambil duduk.

Kenakan baju atau celana anak yang tidak merepotkan saat ia belajar menurunkan celananya. Celana latihan bisa menjadi solusi karena mudah digunakan ketimbang popok. Celana latihan dirancang agar anak belajar untuk tidak mengompol lagi, tetapi celana latihan pada dasarnya juga memiliki lapisan anti bocor sehingga jika anak masih belum bisa untuk menggunakan pispot saat buang air kecil.

Saat anak berhasil untuk menggunakan pispot dan tidak mengompol, berilah sedikit pujian agar ia semangat dan terus mau menggunakan pispot. Ajarkan ia untuk buang air di pispot setiap kali mau pergi keluar rumah, setelah makan, dan sebelum tidur. Saat ia menolak jangan memarahinya, bujuklah secara perlahan atau sambil ajak ia bermain. Jangan lupa untuk mengajarkannya juga mencuci dan mengeringkan tangannya setelah buang air.

Selalu beri cairan anti kuman setiap pispot selesai digunakan. Tidak menutup kemungkinan pispot bisa menjadi sumber bakteri jika Anda malas untuk membersihkannya, dan sudah pasti akan membahayakan anak.

Terkadang anak sangat senang duduk sambil membaca atau bermain air, bisa sediakan buku-buku atau mainan kesukaannya didekat pispot kecilnya agar ia merasa nyaman. Beri alas karpet plastik jika pispot tidak Anda letakkan di dalam kamar mandi.

gambar diatas saya ambil dari www.oden-houseware.com

 

Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar